Rekayasa perangkat lunak: tujuan, kriteria, ruang lingkup

Rate this post

Pahami rekayasa perangkat lunak
Buka baca cepat

Rekayasa perangkat lunak adalah bidang profesional yang meneliti kemungkinan pengembangan perangkat lunak, termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas. Rekayasa perangkat lunak adalah penerapan pendekatan yang sistematis, disiplin dan dapat diukur untuk pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak dan studi dari pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan rekayasa perangkat lunak (EEE Computer Society). Oleh karena itu, rekayasa perangkat lunak mengubah perangkat lunak itu sendiri untuk mengembangkan, memelihara, dan membuatnya kembali menggunakan prinsip rekayasa ulang untuk membuat perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif bagi pengguna.

Rekayasa-perangkat-lunak-tujuan-kriteria-ruang-lingkup
Pengertian rekayasa perangkat lunak menurut para ahli

Berikut beberapa pendapat ahli tentang rekayasa perangkat lunak:
1. Menurut Pressman

Menurut Pressman, rekayasa perangkat lunak adalah penciptaan dan penerapan prinsip-prinsip pengetahuan teknik untuk mendapatkan perangkat lunak ekonomis yang dapat diandalkan dan bekerja secara efisien pada mesin yang sebenarnya.

2. Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, rekayasa perangkat lunak adalah penerapan pendekatan sistematis, disiplin, dan terkuantifikasi untuk pengembangan, pengoperasian, dan pemeliharaan perangkat lunak.
3. Menurut IEEE 610.12

Menurut IEEE 610.12, rekayasa perangkat lunak adalah aplikasi teknis yang berhubungan dengan perangkat lunak.
4. Menurut Fritz Bauer

Menurut Fritz Bauer, rekayasa perangkat lunak adalah definisi dan penerapan prinsip-prinsip keteknikan agar diperoleh perangkat lunak yang andal dan dapat bekerja secara efisien pada mesin yang sebenarnya.
Baca lebih lanjut: Lompat jauh

5. Setelah Stephen R. Schach

Menurut Stephen R. Schach, rekayasa perangkat lunak adalah disiplin ilmu di mana perangkat lunak tanpa cacat, mengirimkan anggaran tepat waktu, dan memenuhi kebutuhan pengguna.
Tujuan rekayasa perangkat lunak

Di bawah ini adalah beberapa tujuan rekayasa perangkat lunak:

Dapatkan biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
Menghasilkan perangkat lunak yang kuat, andal, dan tepat waktu.
Buat perangkat lunak yang berfungsi pada berbagai jenis platform.
Bangun perangkat lunak dengan biaya perawatan yang rendah.

Kriteria rekayasa perangkat lunak

Beberapa kriteria untuk rekayasa perangkat lunak tercantum di bawah ini:

Masih bisa dirawat dan diservis (rawatan).
Dapat mengikuti perkembangan teknologi (reliabilitas).
Dapat mengikuti permintaan pengguna (kuat) ..
Efektif dan efisien dalam menangani energi dan penggunaannya.
Dapat memenuhi kebutuhan yang Anda inginkan (kemudahan penggunaan).

Lingkup pengembangan perangkat lunak

Berikut adalah beberapa bidang rekayasa perangkat lunak, yaitu sebagai berikut:

Persyaratan perangkat lunak mengacu pada spesifikasi persyaratan dan persyaratan perangkat lunak.
Desain perangkat lunak mencakup proses tampilan arsitektural, komponen, antarmuka, dan fitur perangkat lunak lainnya.
Konstruksi perangkat lunak berkaitan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritme, pengkodean, pengujian, dan pemecahan masalah.
Pengujian perangkat lunak melibatkan pengujian perilaku perangkat lunak secara keseluruhan.
Pemeliharaan perangkat lunak mencakup pekerjaan pemeliharaan saat perangkat lunak telah dioperasikan.
Manajemen konfigurasi perangkat lunak berkaitan dengan upaya mengubah konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan spesifik.
Manajemen rekayasa perangkat lunak berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
Alat dan metode rekayasa perangkat lunak termasuk studi teoritis alat dan metode RPL.

Krisis rekayasa perangkat lunak

Adanya krisis software (konferensi NATO, 1968) yaitu sebagai berikut:

Perangkat lunak menciptakan lebih banyak masalah daripada memecahkannya.
Memperbesar perangkat lunak tanpa organisasi.
Memperbaiki satu kesalahan menyebabkan kesalahan lain.
Tidak ada pemeriksaan pemeliharaan.

Masalah dalam pengembangan perangkat lunak

Di bawah ini adalah beberapa masalah rekayasa perangkat lunak berikut:

Perangkat lunak telah selesai dan dikirim (dikirim) tetapi tidak pernah digunakan (47%).
Pengguna telah membayar perangkat lunak, tetapi tidak pernah selesai dan dikirim (29,7%).
Perangkat lunak digunakan setelah perubahan (3%).
Perangkat lunak digunakan sebagaimana mestinya (2%).

Faktor pendukung untuk rekayasa perangkat lunak

Di bawah ini adalah beberapa faktor pendukung untuk Pera Engineering
 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/kinemaster-diamond/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/pengertian-pendapatan-per-kapita-adalah/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/gbwhatsapp/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/kinemaster-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/alight-motion-pro/
https://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/sejarah-berdirinya-pbb/
https://projects.co.id/public/browse_users/view/ab4512/ojelhtc
https://blog-mahasiswa.uin-suska.ac.id/susanti/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/kinemaster-diamond/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/kinemaster-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/alight-motion-pro/
https://blog.uad.ac.id/lestari1300012156/pengertian-enzim-laktase/
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/pengertian-lingkungan-sosial/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/pengertian-komunikasi-non-verbal/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/04/18/alight-motion-pro/